Julian Assange Akhirnya Bebas

Dia dibebaskan dari penjara Belmarsh dengan keamanan tinggi di Inggris pada Senin 24 Juni 2024 dan dibawa ke bandara untuk terbang ke luar negeri. A

JAKARTA–Pendiri WikiLeaks Julian Assange telah dibebaskan dari penjara di Inggris dan akan pulang ke Australia. Ini  setelah ia mengaku bersalah atas satu tuduhan pelanggaran undang-undang spionase di Amerika Serikat.

* Demo RUU Penyiaran: Peringatan dari Kampung Halaman Jokowi

* Intimidasi Masih jadi Ancaman Jurnalis Peliput Isu Lingkungan

* Catat Sejarah, 4 Pasangan Calon Bersaing di Pemilu AJI 2024

Assange, 52 tahun, akan mengaku bersalah atas satu dakwaan berkonspirasi untuk mendapatkan dan mengungkapkan dokumen rahasia pertahanan nasional Amerika. Hal ini terungkap dalam pengajuan di Pengadilan Distrik Amerika untuk Kepulauan Mariana Utara.

Dia dibebaskan dari penjara Belmarsh dengan keamanan tinggi di Inggris pada  Senin 24 Juni 2024 dan dibawa ke bandara untuk terbang ke luar negeri. Assange akan hadir di pengadilan di Saipan, wilayah Pasifik Amerika pada pukul pada hari Rabu.  “Julian Assange bebas,” kata Wikileaks dalam sebuah pernyataan yang diposting di X.

“Dia meninggalkan penjara dengan keamanan maksimum Belmarsh pada pagi hari tanggal 24 Juni, setelah menghabiskan 1901 hari di sana. Dia diberikan jaminan oleh Pengadilan Tinggi di London dan dibebaskan di bandara Stanstead pada sore hari, di mana dia naik pesawat dan berangkat dari Inggris.”
https://ouo.io/4iQeHU

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started