Mengenal Fenomena Equinox yang Terjadi Setiap 21 Maret

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, equinox merupakan fenomena astronomi di mana matahari melintasi garis khatulistiwa. Ini terjadi dua kali setiap tahun, tepatnya pada 21 Maret dan 23 September.

JAKARTA – Saat ini Indonesia tengah mengalami fenomena equinox yang menyebabkan matahari bersinar lebih terik dan suhu terasa lebih panas.

* Jumlah TKI di Jepang Melonjak 192 Persen

* Karut Marut Konflik Minyak Sawit Uni Eropa dengan Indonesia-Malaysia

* 40% Cadangan Panas Bumi Dunia Ada di Indonesia, Paling Tinggi di Sumatra dan Jawa

Hal ini diikuti “hari tanpa bayangan.” Dalam laman resminya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, equinox merupakan fenomena astronomi di mana matahari melintasi garis khatulistiwa. Ini terjadi dua kali setiap tahun, tepatnya pada 21 Maret dan 23 September.

Berdasarkan informasi dari Cambridge Dictionary, equinox adalah salah satu dari dua kejadian dalam setahun ketika pusat matahari berada tepat di atas Khatulistiwa, yang menyebabkan durasi siang dan malam hampir sama.

* Jet Tempur Buatan Korea Selatan dan Indonesia Mulai Uji Pengisian Bahan Bakar di Udara
* IHSG Dibuka Melemah, Saham MAPI, BBNI dan ACES Menarik Disimak
* Arah Saham Pendukung Capres Jelang Pengumuman Hasil Pilpres 2024

Sedangkan menurut US National Weather Service, equinox adalah saat-saat dalam setahun di mana sumbu bumi tidak miring miring atau mendekati atau menjauhi dari matahari. Hal ini menyebabkan durasi siang dan malam yang sama di semua lintang.
https://ouo.io/xvjnJxL

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started