Buku Citarum Harum, Jejak Transformasi Sungai Purba yang Tercemar

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi meluncurkan buku “Citarum Harum” bertepatan dengan World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, pada Senin, 20 Mei 2024. Buku tersebut menceritakan perjalanan transformasi Sungai Citarum dari kondisi sangat tercemar menjadi lebih bersih.

JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi meluncurkan buku “Citarum Harum” bertepatan dengan World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, pada Senin, 20 Mei 2024. Buku tersebut menceritakan perjalanan transformasi Sungai Citarum dari kondisi sangat tercemar menjadi lebih bersih.

* WWF 2024 dan Ironi Kondisi Air Bersih di Indonesia

* Pemerintah Mau Beri Hak Kewarganegaraan Ganda, Berikut 5 Negara yang Sudah Menerapkan

* Luhut Rayu Apple dengan Insentif Lebih Besar dari India dan Thailand

Dilansir dari maritim.go.id, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan, buku ini adalah dokumentasi penting yang menggambarkan pencapaian program Citarum Harum serta sebagai langkah berkelanjutan untuk merehabilitasi dan melestarikan Sungai Citarum.

“Perubahan ini tidak akan terjadi tanpa kekuatan politik dari pemerintah yang kemudian diterjemahkan ke dalam Rencana Aksi yang Terpadu dengan target yang jelas dan kepemimpinan yang tegas serta monitoring dan evaluasi rutin,” ujar Luhut dalam sambutannya, pada Senin malam.

* Ada 160 Ribu Kematian per Tahun, RI Dorong TBC Resisten Obat Masuk Agenda PBB
* Media Iran Gunakan Istilah Hard Landing untuk Kecelakaan Helikopter Presiden, Apa Maksudnya?
* Saham DSNG hingga PGEO Curi Perhatian Kala IHSG Diprediksi Tak Bergairah

Dalam pidatonya, Luhut juga mengatakan, menghukum pelaku industri yang membuang limbah ke sungai merupakan proses yang tidak mudah.
https://ouo.io/uzamij

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started